Para Ketua OSIS se Jabar Deklarasikan #NoHoaks

Triknews.net – Ratusan pelajar, Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) se-Jawa Barat yang tergabung dalam FOJB, FOKUS, FAJARTIBA dan HIROSATU, melakukan deklarasi untuk menolak penyebaran berita bohong alias Hoax.

Deklarasi dengan tema “Citarum Harum Fun Game Leadership” tersebut digelar di halaman dan gedung serbaguna SMA Negeri 2 Bandung, Jawa Barat, Sabtu (12/1/2019).

Deklarasi itu, bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda, agar terhindar dari pengaruh negatif yakni percaya dan ikut menyebarkan hoax, apalagi sampai ikut memproduksi hoax tersebut dengan dalih pengaruh apapun. Bahkan untuk menunjukkannya, pelajar se Jawa Barat itu pun menunjukkan hastag #NoHoaks.

“Hoax adalah salah satu ancaman yang cukup serius dalam perkembangan IT seperti saat ini. Kemudahan akses informasi seharusnya bisa meningkatkan kualitas dan daya saing generasi bangsa justru disesaki dengan konten negatif itu,” kata Ketua Forum Komunikasi Osis (FOKUS) Sidiq Rifaldi.

Baginya, sudah saatnya generasi muda Indonesia melek informasi sembari dibarengi dengan kemampuan literasi yang baik, sehingga hoax apapun yang rajin muncul tidak mempengaruhi mereka baik secara langsung maupun tidak langsung.

“Jangan sampai generasi muda Indonesia termakan hoax. Mari bijak bersosial media dan stop hoax dari sekarang juga,” tegasnya.

Kemudian dalam kegiatan tersebut, dibagikan juga buku berjudul “Bahaya Mengkafirkan Sesama Muslim dan Daulah Islamiyyah” sebagai bagian dari literasi tambahan.

“Iya, tadi di acara juga ada pembagian buku tentang bahaya paham radikal kepada pemenang hasil karya pengolahan sampah,” jelasnya.

Selain soal menangkal hoax, acara tersebut juga diisi dengan semangat dan gerakan tolak narkoba serta paham radikalisme. Dan dalam acara tersebut juga diisi dengan semangat untuk mengkampanyekan program pemerintah yakni “Citarum Harum”.