Kuningan, Triknews.com – Hari ini adalah hari yang paling tepat untuk membuktikan jika Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno untuk membuktikan omongannya, jika keduanya sangat komitmen untuk menenun kebangsaan, yakni dengan melarang pendukungnya ikut Aksi 313 yang notabane tuntutannya terlalu sempit.

Hal ini pun disampaikan oleh jubir pemenangan Ahok-Djarot, Raja Juli Antoni. Ia pun menantang jika memang Anies maupun Sandi komitmen dengan ucapannya itu, maka hari inilah waktunya untuk membuktikan.

“Makanya, saya kira hari ini hari yang baik buat Mas Anies, bahwa ucapannya bukan sekedar retorika, dan sudah seharusnya melarang aksi ini,” kata Antoni di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

Antoni juga menilai jika memang Anies dan Sandi diam atau setuju dengan gerakan massa Aksi 313 hari ini, maka jelas apa yang disampaikan dengan istilah menenun kebangsaan hanyalah retorika politik praktis keduanya.

“Karena itu tanya dong ke Mas Anies, setuju enggak dengan adanya aksi 313,” tantang Antoni.

Diketahui, hari ini Forum Umat Islam (FUI) maupun Forum Syuhada Indonesia (FSI) akan menggelar mimbar bebas di dua tempat berbeda. Jika FSI berada di depan gedung DPR/MPR RI dengan elemen ormas Betawi dan Mahasiswanya, maka FUI akan bergerak ke Istana usai Shalat Jumat berjamaah di Masjid Istiqlal.

Keduanya sama-sama mendesak agar Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diberhentikan sebagai Gubernur DKI Jakarta non-aktif dengan rujukan kasus Ratu Atut.

Sementara itu bagi FSI, ada isu tambahan yang mereka angkat yakni mendesak pemerintah Indonesia mengusir orang keturunan China dan pengikut PKI dari Indonesia.