Jakarta, Triknews.com – Penyidik Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya, dikabarkan akan memeriksa mantan anak Presiden Soeharto, Tommy Soeharto, sebagai saksi di dalam kasus dugaan pemufakatan makar yang dipersangkakan kepada Firza Husien yang juga terseret kasus dugaan chat berbau pornografi bersama pentolan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Saat awak media mengkonfirmasi kebenaran berita ini ke Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi, Raden Prabowo Argo Yuwono, dia membenarkan rencana pemeriksaan terhadap Tommy ini. Pemeriksaan pun akan dilakukan pada Jumat (31/3) ini.

“Ya, kami memanggil Tommy Soeharto sebagai saksi kasus permufakatan makar tersangka Firza,” kata Argo, di Jakarta, hari ini.

Hanya saja, walaupun pemanggilan sudah dilakukan, namun Argo belum bisa memastikan apakah yang bersangkutan bersedia datang atau tidak.

Mengenai materi pemeriksaan, Argo tak bisa membeberkannya. “Kita tunggu saja nanti,” katanya diplomatis.

Sebagai informasi, Firza Husein telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan permufakatan makar terhadap penguasa saat ini oleh penyidik Polda Metro Jaya.

Karena itu, sebelumnya Firza juga sudah sempat ditahan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Namun penahanan itu pada akhirnya ditangguhkan pada 23 Februari 2017 lalu dengan alasan kesehatan.

Dalam kasus pemufakatan makar ini, Firza tidak sendirian. Dia ditangkap bersama 10 orang lainnya di Jakarta, pada 2 Desember 2016 lalu.

Beberapa dari mereka, tidak hanya ditangkap karena kasus makar, namun juga karena kasus lainnya seperti pelanggaran Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Di antara orang-orang yang ditangkap bersama Firza antara lain: Kivlan Zein, Adityawarman, Ratna Sarumpaet, Rachmawati Soekarnoputri, Ahmad Dhani, Eko Santjojo, Alvin Indra, Sri Bintang Pamungkas, Jamran, dan Rizal Kobar.

Dalam kasus pemufakatan makar ini, Firza diduga memiliki peran vital, di mana dia diduga menjadi orang yang bertugas sebagai pengumpul dana.