Jakarta, Triknews.com – Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI), Muhammad Al-Khaththath yang juga menjadi koordinator aksi 313, ditangkap pihak kepolisian karena diduga megupayakan pemufakatan makar terhadap pemerintah yang sah saat ini.

Al-Khaththath ditangkap pihak kepolisian di Hotel Kempinski yang lokasinya berada di depan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada Kamis (30/3) malam.

Terkait dengan penangkapan ini, ada pihak-pihak tertentu yang menuding bahwa pemerintah telah melakukan upaya kriminalisasi terhadap ulama.

Menanggapi tudingan miring itu, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam), Wiranto, angkat suara dan menyatakan bahwa terkait dengan penangkapan Al-Khaththath itu, pihak kepolisian pasti memiliki alasan-alasan tertentu.

“Berbicara masalah kriminalisasi para ulama, tentu aparat keamanan punya alasan tertentu untuk menangkap para ulama,” kata Wiranto saat menggelar jumpa pers di kantor Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

Para peserta aksi 313 hari ini meminta kepada pemerintah agar segera melepaskan pimpinan FUI tersebut paling lambat sore ini.

Terkait dengan tuntutan massa ini, Wiranto menyatakan bahwa dirinya akan berbicara dengan Kapolri Tito Karnavian. Hanya saja, dia tetap mengimbau peserta aksi agar membubarkan diri tepat pada pukul 18.00 WIB demi ketertiban umum.

“Para tokoh menyatakan paling lambat sore ini harus dibebaskan. Ini bukan soal pembebasan, ini masalah keamanan nasional. Ini masalah ketertiban umum, kalau tidak bubar pada pukul 18.00 WIB kan artinya membenturkan aparat keamanan dengan rakyat. Siapa yang tanggung jawab,” terangnya.

Wiranto menuturkan bahwa nantinya ketika dirinya berkoordinasi dengan Kapolri Tito, akan menanyakan apakah penangkapan terhadap Al-Khaththath ini sudah didasari bukti-bukti yang cukup atau tidak.

“Saya sampaikan, nanti segera saya akan koordinasi dengan Kapolri apakah sudah cukup bukti-bukti untuk menangkap para ulama itu. Kalau memang bukti-bukti tidak cukup, maka akan diproses untuk dibebaskan, itu pasti,” tandasnya.